Jenis Septic Tank

JENIS SEPTIC TANK

Beberapa jenis Septic Tank dan Cara Kerjanya yang dapat menjadi pertimbangan Anda adalah:
1. Septic tank konvensional
Septic tank model ini menampung dan mengendapkan limbah dan membiarkannya terurai oleh bakteri, cairan hasil akhir dari septic tank konvensional ini akan diendapkan ke tanah melalui resapan khusus. Secara berkala septic tank ini akan penuh dan harus disedot.

Kelemahan dari Jenis Septic Tank ini :

  • Mudah Penuh dan harus di sedot ( sering terjadi pada musim hujan )
  • Membutuhkan Lahan yang luas untuk resapan
  • Tidak Dapat langsung di pakai sebelum keringnya dinding
  • Tidak dapat berdekatan dengan sumur Air bersih.

SEPITENG KONVENSIONAL-SEPTIC TANK RUMAH-SEPTIC TANK BETON

2. Septic Tank Biologis / Bio Septic Tank

Pada septic tank Biologis, Limbah akan terurai sampai aman berupa cairan bersih untuk  level 3 yang dapat dimanfaatkan kembali, hingga tidak perlu disedot lagi. Saat ini ada beberapa Jenis septic tank biologis yang telah beredar di pasaran dengan kelebihannya di banding dengan septic tank konvensional, diantaranya:

Kelebihan dari Jenis Septic Tank Biofive ini :

  1. Hasil buangan dapat di gunakan sebagai air bersih level 3
  2. Hasil buangan standar BPLHD
  3. Cara pasang yang Mudah, Praktis, Hemat biaya dan waktu
  4. Tidak mencemari debit MAta Air / tanpa resapan ke dalam tanah
  5. Hemat lahan banyak pilihan ukuran septic tank
  6. Tidak akan menyebabkan WC penuh
  7. Bergaransi 10 tahun.

a. Septic Tank berbahan Fiberglass

Jenis Septic Tank ini terdiri dari 3 bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Air limbah yang masuk ke Septic Tank ini akan masuk di bagian pertama ( Posporasi ), kemudian disaring dan dialirkan ke bagian ke dua yang sudah dilengkapi Media Biofilterion ( Rumah bakteri pengurai ), pada bagian kedua limbah diurai oleh bakteri pengurai dan dialirkan ke kotak ke tiga untuk diurai lebih lanjut. Sisa penguraian dari bagian ke tiga akan dialirkan ke luar menuju saluran drainase umum setelah melalui tabung disinfektan yang mensucihamakan limbah hingga aman dan sudah menjadi Cairan Ramah Lingkungan / cairan bersih level 3.

Jenis septic tank

b. Septic Tank berbahan beton

Jenis Septic Tank ini terbuat dari beton yang juga terdiri 3 bagian, tapi dengan proses yang sedikit berbeda dengan septic tank berbahan Septic Tank Fiberglass. Pada Jenis Septic Tank ini, limbah yang masuk di bagian pertama akan disaring untuk memisahkan kotoran dengan tissue / posporasi. Limbah dari bagian pertama lalu dialirkan ke bagian ke dua untuk diproses oleh mikroorganisme yang memakan limbah tersebut dan mengolahnya menjadi cairan. Limbah yang sudah berubah menjadi cairan di bagian ke dua akan dialirkan ke bagian ke tiga untuk diendapkan kemudian diresapkan ke dalam tanah dan dialirkan ke sistem drainase kota.

Diskusikan dan pilihlah Jenis Septic Tank yang paling sesuai dengan kebutuhan, sistem saluran air, dan peraturan yang di lingkungan rumah dengan kontraktor Anda atau Hubungi kami konsultan Septic Tank yang Baik dan Ramah Lingkungan.